DEFISIENSI UNSUR MIKRO BORON DAN MENGATASINYA

BY SaranaAgri IN , , , , , ,

Defisiensi Boron, tanaman enggan membesar dan stagnan
Salah satu masalah pada tanaman yang membuat daunnya tampak keriting dan stagnan adalah defisiensi unsur mikro Boron (B). Ia akan tampak seperti serangan hama, namun ada beberapa poin yang membedakannya dari serangan hama.

Apa Itu Unsur Boron bagi Tanaman???
Boron (B) adalah nutrisi mikro yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tanaman, ia merupakan unsur yang berperan dalam pembentukan dinding sel dan komponen reproduksi dan penyerbukan. 

Boron (B) bersifat tetap pada tanah sekali ia diserap oleh bagian tanaman tertentu, maka tidak dapat ditranslokasikan kembali ke bagian lainnya atau tanaman lainnya, oleh karena itu aplikasi tambahan unsur ini harus secara merata. Boron (B) sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah yang sedikit, namun penting. 

Sangat krusial untuk kita memenuhi kebutuhan Boron (B) pada tanaman dalam bentuk pemupukan tambahan bila terlihat gejala defisiensi Boron (B).

Apa Aja Manfaat Boron (B) Bagi Tanaman???

Boron (B) berfungsi meningkatkan stabilitas tanaman atau vigor tanaman dengan membangun formasi sel yang kokoh, selain itu ia juga membantu proses penyebaran gula sebagai energi ke seluruh bagian tumbuh tanaman dan menyempurnakan penyerbukan serta pembentukan biji.

Kekurangan unsur Boron (B) biasanya akan menyebabkan biji yang tidak berisi, kekuatan organ reproduksi tanaman menurun, dengan demikian kemampuan untuk tanaman berbunga akan jauh menurun. Kekurangan unsur ini juga bisa menyebabkan pertumbuhan akar terhambat.

Dimana Saja Kasus yang rentan terkena kasus defisiensi Boron (B)???

Defisiensi Boron biasanya banyak ditemukan pada tanah masam agak berpasir dengan kandungan bahan organik rendah. Tanah dengan kapasitas penyerapan dan retensi rendah seperti tanah dengan pH tinggi dan banyak mengandung komponen liat juga biasanya akan menderita kekurangan unsur Boron (B).
Defisiensi Boron pada buah, seperti mengkerut dan bagian
dalam terdapat getah berwarna kecoklatan
Apa Saja Gejala Tanaman Kita Kekurangan Unsur Boron???

Gejala awal yang tampak pada kasus defisiensi Boron (B) adalah :
1. daun muda yang berwarna orange, kemerahan dan keunguan, ukuran lebih kecil, menipis atau lebih kasar,
2. Titik tumbuh tanaman biasanya akan stagnan, kemudian pembentukan cabang akan gagal terjadi. Cabang akan lebih tipis, memendek, dan rapuh, dan bagian atas daun akan terlihat berwarna kekuningan yang menyebar dari ujung daun ke bagian tengah daun. 
3. Pada bunga akan terlihat gejala defisiensi Boron melalu penurunan jumlah bunga, gugur bunga, produksi biji yang gagal, gugur buah sebelum membesar, dan matinya bunga ketika baru muncul. 
4. Pada buah akan terlihat seperti retak atau berkerut, warna isi agak kecoklatan dan terdapat sedikit getah.

Defisiensi Boron pada Jeruk
Bagaimana Mencegah Ataupun Mengobati Kasus Defisiensi Boron (B)???
Ketika kita tahu tanah kita sedikit asam dengan pH tinggi, sebaiknya aplikasi Boron diberikan sebagai pencegahan. Ketika tanaman telah terindikasi defisiensi Boron (B), maka proses penyembuhan akan sedikit lama. Tipe tanah seperti ini banyak terdapat di area perkebunan Kalimantan dengan struktur tanah gambut dan masam, serta daerah dengan tipe tanah sejenis.
Beberapa produk yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan aplikasi secara langsung pada tanah dengan penaburan borate  ataupun Solubor (20% boron), dan produk lainnya yang mengandung Boron (B). Boron (B) juga baik dicampur dengan pupuk lain agar penaburannya pada tanah lebih merata terutama yang berbentuk serbuk maupun granul.

Produk apa yang dapat kita gunakan untuk mengatasi kekurangan Boron (B)???

1. Pupuk Borate Cap Tawon
Pupuk ini mengandung 45% Boron (B), cocok untuk mengganti suplai Boron (B) yang kurang pada tanaman kita. Pupuk Borate Cap Tawon dapat menghentikan stagnasi pertumbuhan tanaman dengan suplai Boron (B) secara cepat dan langsung diserap tanaman.

2. Pupuk Kalsium + Boron Mano Calbor
Boron (B) cocok untuk disandingkan dengan produk Kalsium guna mencegah dan memperbaiki kasus rontok bunga, gugur daun, daun menguning, dan rontok buah tanaman buah maupun sayuran anda. Mano Calbor sudah dilengkapi Kalsium dan Boron (B). Seling saja pemakaiannya dengan Pupuk Borate Cap Tawon ketika sebelum atau sesudah ditemukannya kasus defisiensi Boron (B).
 Pupuk Mano Calbor 1 kg

Konsultasi Masalah Defisiensi Unsur Mikro Gratis

0821 5209 9938
Pupuk Borate Cap Tawon 1 kg

Email kami :